Senin, 30 September 2013

SISTEM KOMPUTER



Sistem komputer: Suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Tujuan pokok dari system computer adalah Mengolah data untuk menghasilkan informasi dari proses yang telah dilakukan.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
A. Elemen dari sistem komputer terdiri dari :
1. manusianya (brainware) adalah orang yang menggunakan computer.

a)   Operator : seseorang yang mengoperasikan mesin komputer atau dapat pula  
dikatakan dengan seseorang yang menjelaskan tindakan untuk dilaksanakan.
b)      Programer : seseorang yang bertugas merancang, menulis, dan menguji komputer
c)      System Analyst : seseorang yang bertugas untuk melakukan spesifikasi penyelesaian masalah.
Syarat untuk menjadi elemen Brainware :
·        Sehat akal
·        Tidak terganggu jiwanya
·        Dalam keadaan sadar
·        Mampu mengoperasikan elemen lainnya (dalam hal ini bukan berarti orang tersebut harus ahli atau professional).
2. perangkat lunak (software) adalah untuk memerintahkan mesin untuk melakukan sesuatu. Contoh system software:
a) Operating System (sistem operasi) dibuat oleh berbagai perusahaan atau komunitas internet tertentu. Contohnya : DOS (Disk Operating System), Linux, Windows, FreeBSD, Mac OS, Be OS, Windows CE.
Applications Software: Applications Software dibuat oleh seorang programmer komputer. Programer adalah orang yang men-design, menulis, mengetes dan mengimplementasikan

a) software. Contoh: Microsoft word, SPSS, Ms Excel.

b) Progamming language

1. perangkat keras (hardware) adalah peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan system. Pada gambar dibawah ini ditunjukkan input-process-output model.
a)  Input-Process-Output Model
 
Keterangan gambar :

  • Input device : alat yg digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input.  Signal input : data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, Maintenance input : program yg digunakan untuk mengolah data yg dimasukkan.
  • Output device : adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.  Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh: disk file, printer, video monitor, sound card.

  • Storage device : adalah alat penyimpan data. Contoh: floppy disk, hard disk, zip disk, tape, flash disk, compact disk
  • Process : arithmetic/logical/sorting/match operations
  • I/O Ports : bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.  Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
  • Data Bus : Adalah jalur-jalur perpindahan data dalam sistem komputer.  Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini.  Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
  • Address Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.  Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.  Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
  • Control Bus : Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.  Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
  • Motherboard : adalah papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU, memori utama, video card, RAM, serta berbagai komponen lain yang mendukung kinerja suatu komputer.
Berikut adalah beberapa contoh hardware (perangkat keras) :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Processor
4. Motherboard
5. RAM (Random Access Memory)
6. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)
7. Konektor Casing
8. Monitor
9. Power Supply
10.      Harddisk
11.      Kipas (Pendingin)
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware) dan juga sebaliknya.
A. Penggolongan computer, berdasarkan :

1. Penggolongan Komputer salah satunya mengenai Input serta Output dari komputer itu sendiri.
Input Komputer adalah bagian yang mengirim data ke dalam komputer untuk diolah. Contoh: Keyboard, Scanner, dll
Output Komputer adalah bagian yang dihasilkan oleh pengolah data. contoh: Printer.


2. Data yang diolah, dibedakan menjadi :
a. Analog computer
·         Digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara continue dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik dan paralel.
contoh: komputer yang digunakan untuk mengatur suhu, kecepatan suara dan voltase listrik.
b. Digital computer
·         Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus). Biasanya memerlukan bahasa perantara.
contoh: komputer PC , laptop, dan sejenisnya.
c. Hybrid computer
·         Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.
contoh: faximile.
3. Penggunaan
                           i.   Special-Purpose computer
                           ii.   General-Purpose computer
4. Ukuran
                            i. Micro computer
                           ii.   Mini computer
                           iii.   Small computer
                           iv.Medium computer
                           v.   Large computer          
                           vi.   Super computer

5. Generasi
B. Komponen Komputer 

Gambar. Motherboard/Mainboard
  • CPU (Central Processing Unit): CPU merupakan otak sistem komputer yang melaksanakan instruksi. Pemroses (CPU) merupakan otak dari sistem komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logika dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu;  ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
a)      CU (Control Unit): Digunakan untuk mengatur dan menjalankan instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan. Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output
b)      ALU(Arithmatic and Logic Unit):Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan aritmatika.
c)      Register: alat penyimpan yang berukuran kecil yang terdapat pada CPU. Alat penyimpan kecil ini memiliki kecepatan akses cukup tinggi dan digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan isnstruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama (.Register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu: Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses. Program Counter (PC) digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses.  Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya.General purpose register, punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses.  Contoh, yg digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
d)     Bus: Menghubungkan CPU dengan memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O)
  • Memori: memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal.
a)      Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama:
  • Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
  • Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
  • Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  • Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
b)      ROM (Read Only Memory) yaitu tipe memori yang secara permanen atau semi permanen menyimpan data. Dinamakan read-only karena sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menulis ke dalam memori jenis ini. ROM sering disebut sebagai nonvolatile memory karena data yang telah disimpan ke dalam memori ini akan tetap berada di situ, bahkan ketika catu daya dimatikan.memori yang hanya bisa dibaca dan berguna
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali. Berikut ini merupakan jenis-jenis ROM:

  • PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali.
  • EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) dapat dihapus    dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

  • Chasing : bentuknya bermacam-macam yaitu tempat untuk meletakkan semua komponen (perangkat keras komputer).
  • Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama bahasa Inggrisnya (mouse). Bentuk mouse yang umum adalah dua tombol – masing-masing di kiri dan kanan yang bisa “diklik”. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata. mouse yang lebih baru biasanya tidak mempunyai bola; menggunakan sinar optik untuk mendeteksi
gerakan pemakai. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik itu yang berbasis radio, inframerah maupun Bluetooth.
  • Keyboard atau papan ketik adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan. Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus. Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling popular. QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard.
  • Monitor : merupakan sebuah output device yaitu untuk menampilkan data atau informasi ke layar.
  • Hard disk (Hard Drive): sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan data, yang terpasang di dalam komputer dan dapat menyimpan data dengan lebih banyak dibandingkan dengan penyimpan data portabel seperti disket, CD-ROM, atau kaset. Data-data dalam hard disk disimpan di permukaan magnetis yang berputar.
  • Floopy Drive : adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel dan dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak atau persegi panjang. Disket “dibaca” dan “ditulis” menggunakan floppy disk drive, yang terletak di CPU. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB.
  • CD Room
Compact Disk (CD) : adalah sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan audio digital. CD diperkenalkan pada tahun 1982, dan tetap menjadi format standar pemutaran rekaman audio komersial per pertengahan 2006. Sebuah CD audio mengandung satu atau lebih track stereo yang disimpan dengan coding 16-bit PCM pada rasio sampling 44.1 kHz. CD standar memiliki diameter 120 mm atau 80 mm. Piringan 120 mm dapat menampung sekitar 80 menit audio. Piringan 80 mm, yang kadang digunakan untuk CD single, menampung sekitar 20 menit audio.Teknologi piringan kompak kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat penyimpan data, dikenal sebagai CD-ROM, dan untuk media yang dapat ditulis sekali dan berulang kali (CD-R and CD-RW).CD-ROM dan CD-R tetap digunakan secara luas dalam industri PC per tahun 2006.
  • VGA Card : VGA atau Video Graphics Adapter. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32,64,128,256 megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
c)     Komponen Tambahan
1. Sound Card : Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras computer yang digunakan untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
1. LAN Card
LAN Card adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan 2 buah computer  atau lebih dengan menggunakan media transmisi seperti kabel, infra merah dan lain sebagainya.
  • CD Writer / DVD Writer
Alat ini digunakan untuk melakukan backup data ke sebuah Compact Disk.
Gambar 16. CD Writer
  • Modem
Modem (Modulator Demodulator): metode standard untuk menghubungkan ke internet. Modemalat dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya sinyal digital menjadi sinyal analog.
 

 
 

1 komentar:

  1. Beberapa Langkah Enjoy Untuk Bermain Poker Online Uang Asli

    Untuk memenangkan permainan Poker Uang Asli butuh beberapa panduan serta tehnik. Tidak hanya panduan serta tehnik dibutuhkan langkah enjoy agar dapat mencetak kemenangan yang optimal. Di sini kita akan bagikan beberapa panduan enjoy untuk bermain Poker yakni :



    1. Bermain Pada Waktu Senggang

    Bermain Poker Uang Asli semestinya dikerjakan saat enjoy serta senggang tidak ada kerjaan. Permainan poker bukan seperti permainan kartu biasanya yang memercayakan nasib tetapi menjadi Pemain Poker Uang Asli untuk mencetak kemenangan butuh tehnik serta triks yang mantap di dukung dengan situasi enjoy serta senggang hingga pikiran dapat fokus pada semakin banyak gabungan Kartu Poker yang dapat terbentuk.



    2. Janganlah Bermain Sekalian Kerja

    Ini satu diantara unsur pemicu kekalahan. Beberapa pemain yang diam diam habiskan waktu jam istrihat dikantor dengan bermain Poker Online Uang Asli, tentu saja ini memunculkan perasaan yang ingin cepat memenangi permainan yang selesai dalam salah memutuskan menyebabkan kekalahan.



    3. Main Pada Malam Hari

    Permainan Poker semestinya dimainkan saat malam hari untuk hindari masalah yang tak perlu saat semua enjoy tidak ada kerjaan serta saat orang lainnya tidur hingga pikiran kita dapat lebih konsentrasi pada permainan serta gabungan kartu yang ada.



    4. Bermain Pada Waktu Berlibur

    Berlibur yang enjoy dapat jadi waktu yang pas untuk bermain Poker Online Uang Asli sebab memang tidak ada kerjaan serta pada nikmati berlibur yang ada. Jadi pikiran dapat terlalu fokus pada permainan.



    5. Dilarang Bermain Di Warnet

    Bermain Poker Online di Warnet begitu bahaya sebab tidak hanya Account kita dapat terkena hack, saldo kita dapat hilang dimainkan oleh orang lainnya. Belum juga kelak terkena razia pihak berwajib serta situasi di warnet tentu begitu tidak nyaman serta ribut hingga konsentrasi kita dapat terganggu.



    6. Buang Beban Untuk Menang

    Bermain Poker Uang Asli jika untuk mencari kemenangan tentu pemain terasa akan terbeban untuk cepat mencetak kemenangan. Walau sebenarnya kita ketahui dalam taruhan Judi itu menang kalah persentase 50% untuk semasing. Jadi jangan sampai terbebani untuk mencetak kemenangan dari pertama permainan yang mengakibatkan kita tergesa gesa serta terjerat sendiri dalam pikiran kita hingga tidak dapat konsentrasi.



    7. Bermain Waktu Mood Tengah Bagus

    Waktu mood tengah bagus bermain apa pun tentu berasa mudah menang. Begitupun dalam permainan Judi Poker Online Uang Asli, semestinya dimainkan saat kita perasaan bagus hingga dapat lebih gampang untuk memenangi permainan.



    Bermain Poker Online Uang Asli Dengan Enjoy

    Silahkan add kontak kami bosku ^^

    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu

    BalasHapus